22 May 2009

JAHANNAM 300 KM



Itulah sebuah judul yang menarik mataku pagi ini saat kunikmati secangkir kopi aceh hitam pekat sambil menghabiskan jam baca rutinku tiap Jum’at pagi. Artikel ini benar-benar mengingatkan ku akan pentingnya mengambil sebuah keputusan. Untuk itu aku memutuskan untuk menulis hal ini dan menceritakannya kembali agar teman-teman juga dapat mengambil hikmah dari kisah ini.

Diceritakan bahwa kisah ini dialami oleh seorang pemuda di kota Riyadh – Saudi Arabia. Kira-kira beginilah apa yang dikatakan pemuda tersebut saat mengisahkan dirinya sendiri; “Sesungguhnya tidak pernah terlintas dalam pikiranku untuk melakukan suatu bentuk ketaatan kepada Allah SWT bahkan hingga aku dan sahabat-sahabatku memutuskan untuk melakukan sebuah perjalanan jauh menuju tempat seorang teman di kota Dammam sekitar 4 jam perjalanan dari kota Riyadh”.

Sore hari pada waktu yang sudah disepakati, pemuda tersebut berangkat ke kota Dammam menggunakan sebuah mobil bersama keempat temannya yang sudah seperti saudara dalam urusan kesibukan dan kesenangan dunia. Mereka berangkat dengan tujuan mendapatkan pengalaman bersenang-senang yang tidak terlupakan di kota Dammam. Diantara teman-temannya, si pemuda ini adalah sosok yang sangat menyenangkan dan menjadi sahabat yang disayangi setiap temannya karena urusan dunia. Saat itu ia duduk di kursi depan agar dapat menikmati perjalanan dengan lebih baik.

Setelah 20 menit perjalanan dalam kota akhirnya mereka mulai masuk jalur lintas kota dengan berbagai rambu penunjuk arah dilengkapi jarak yang harus ditempuh untuk menuju kota tertentu. Saat itu terlihat sebuah rambu yang bertuliskan DAMMAM 300 KM. Namun alangkah terkejutnya si pemuda tadi karena apa yang dia baca adalah JAHANNAM 300 KM. Namun dalam hatinya dia berpikir mungkin saja dia hanya salah baca karena mobil yang ditumpanginya melaju dengan sangat cepat. Itulah kenapa dia tidak menghiraukannya dan kembali menikmati perjalanan dengan keempat sahabatnya.

Satu jam perjalanan mereka lalui dengan canda tawa dan gurauan segar akan kehidupan mereka dalam pergaulan sehari-hari di kota Riyadh mengingat mereka termasuk pemuda populer dikotanya. Tak lama, terlihat lagi sebuah rambu yang bertuliskan DAMMAM 200 KM. Si pemuda langsung terhentak saat dia kembali membacanya JAHANNAM 200 KM. Dengan kaget dan penasaran dia berkata: “Apakah kalian lihat rambu tadi? Aku membaca tulisan JAHANNAM 200 KM pada rambu itu!”, sahabatnya menyambut pertanyaan itu dengan tawa dan gurauan seraya berkata: “Apakah matamu sudah buram sahabatku, kami semua membacanya dan hanya kau yang salah membaca sebuah tulisan yang besar tadi...”. Akhirnya si pemuda itu terdiam heran dengan anggapan bahwa ia benar-benar salah membaca rambu tersebut.

Dua jam perjalanan sudah mereka tempuh saat mereka kembali melihat sebuah rambu jauh di depan mereka. Si pemuda ini tak ingin salah baca lagi sehingga ia benar-benar mengamati rambu yang masih jauh didepannya dengan segenap konsentrasi yang bisa ia kerahkan di tengah canda tawa sahabatnya disertai musik kesukaan mereka. Saat rambu itu mendekat, ternyata si pemuda ini membacanya JAHANNAM 100 KM bukannya DAMMAM yang merupakan kota tujuan mereka. Dengan hati bergejolak dia memberanikan diri merusak suasana dengan pertanyaan: “Hei, aku benar-benar membacanya JAHANNAM 100 KM, apakah kalian semua tidak membacanya??” sahabatnya yang mengemudikan mobil menjawab: “Apakah kau benar-benar ingin merusak perjalanan ini? sudahlah...kau membuat kami semua takut! Aku membacanya DAMMAM 100 KM lagi dan itu berarti kita sudah hampir sampai! Jangan kau pikirkan apa yang kau baca, mungkin saja perjalanan ini membuat matamu sangat letih!”

Dengan hati yang semakin bergejolak si pemuda tersebut terdiam hingga tak lama kemudian semuanya kembali tenggelam dalam suasana canda tawa kecuali si pemuda tersebut yang akhirnya tertidur dalam suasana hati tak menentu. Langit sudah semakin gelap saat si pemuda itu terbangun dan membaca rambu JAHANNAM 25 KM yang tepat berada didepannya dan terbaca dengan sangat jelas. Dengan ketakutan ia berkata: “Apakah kalian semua benar-benar tidak membaca rambu tadi?? Aku benar-benar membaca tulisan JAHANNAM 25 KM!! Aku takut sekali karena aku sangat yakin dengan apa yang aku baca sejak keberangkatan kita!! Lebih baik kita kembali ke Riyadh saja sekarang!!” sahabatnya menjawab “Apa kau sudah gila?? Kita sudah sangat dekat dengan kota DAMMAM dan sekarang kau minta kami berbalik arah untuk menempuh 4 jam perjalanan tanpa henti?? Sudahlah sahabatku, nikmati saja 25 KM ini menuju tempat kita bersenang-senang..perjalanan ini benar-benar membuatmu kelelahan hingga berhalusinasi!”

Dengan perasaan takut mencekam dihatinya si pemuda tersebut berusaha meyakinkan sahabat-sahabatnya bahwa ia sama sekali tidak berhalusinasi dengan apa yang ia baca dan berusaha membuat mereka sepakat untuk berbalik arah untuk kembali ke kota Riyadh. Tanpa terasa dalam perdebatan sengit itu mereka mendekati sebuah rambu yang kembali terbaca si pemuda tersebut JAHANNAM 10 KM. Lantas si pemuda tadi terhentak an berkata: “Oh tidak!! Turunkan aku disini, aku tidak mau melanjutkan perjalanan ini!! Aku tidak akan melanjutkan perjalanan ini bersama kalian, aku akan kembali ke Riyadh walaupun sendirian!! Turunkan aku disini SEKARANG!!” sahabatnya berkata “Kau benar-benar sudah gila sahabatku, kau sudah merusak perjalanan ini dengan peringatan mu akan Janannam yang sangat tidak menyenangkan hati kami! Kau benar-benar tidak menyengkan lagi bagi kami!!”. Akhirnya si pemuda tersebut turun dijalan untuk kemudian mencari tumpangan ke kota Riyadh, sementara sahabat-sahabatnya meneruskan perjalanan ke kota Dammam, tempat mereka akan bersenang-senang.

Di tepi jalan lintas kota yang sepi dan gelap itu si pemuda menunggu mobil yang akan memberi dia tumpangan kembali ke kota Riyadh. 15 menit menunggu. 30 menit berlalu. Hingga datanglah sebuah mobil tua yang juga dikemudikan oleh seorang tua yang akhirnya memberinya tumpangan ke kota Riyadh. Begitu lega perasaannya saat membaca rambu RIYADH 250 KM di perlintasan utama jalur lintas kota. Namun hal itu segera hilang saat ia menyadari bahwa bapak tua sang sopir belum berkata sepatah kata pun semenjak ia menaiki mobil tua itu 15 menit yang lalu.

Beberapa menit berlalu hingga akhirnya rasa penasaran itu memberanikannya bertanya, “Baiklah pak, apa yang membuat anda terdiam, anda bahkan belum berkata apapun sejak saya naik mobil ini kecuali anggukkan kepala anda saat menyetujui permintaan saya untuk ikut sampai kota Riyadh, apa yang sedang anda pikirkan??..” kemudian si bapak menjawab “Tadi saya melihat sebuah kejadian yang mengingatkan saya akan kematian, sejak itu saya teringat akan dosa-dosa saya ketika muda, bagaimana saya bisa tersenyum jika mengingat kejadian mengerikan tersebut!”, “Apa maksud bapak?” kata si pemuda. Lantas si bapak menceritakan apa yang dialaminya sesaat sebelum bertemu si pemuda; “Tadi saat saya baru beberapa kilometer keluar dari kota Dammam tiba-tiba terdengar suara yang begitu keras dan belum pernah saya dengar sebelum ini. Ternyata di depan sana terjadi sebuah kecelakaan mengerikan yang belum pernah saya lihat sebelumnya. Mereka semua tewas mengenaskan. Peristiwa itu tidak bisa saya lupakan”.

Mendengar hal itu si pemuda teringat akan sahabat-sahabatnya yang sedang menuju Dammam. Khawatir akan keselamatan sahabatnya, si pemuda kembali menanyakan secara rinci soal kecelakaan tersebut, “Apakah benar kejadian mengerikan itu terjadi di depan anda? Lantas bagaimanakah lalu lintas menuju kota Dammam, sebab sahabat saya juga sedang menuju kota Dammam, mungkinkah mereka terhambat akibat kecelakaan itu?”, si bapak menjawab, “Lalu lintas ke arah Dammam cukup sepi, bahkan mobil malang itu justru dikemudikan oleh pemuda-pemuda seumur anda berjumlah empat orang, mereka semua tewas seketika secara mengenaskan bersama mobil mereka yang hancur lebur akibat kecelakaan mengerikan itu”, dengan suara gemetar si pemuda berusaha bertanya, “Apakah mobil itu sedan berwarna merah, katakan padaku?!?!”, tiba-tiba si bapak menginjak remnya lantas memandang mata si pemuda seraya menjawab, “Ya, sedan merah yang berisi empat orang pemuda adalah mobil yang saya ceritakan kepada anda!!..”, mendengar jawaban itu si pemuda langsung terdiam seribu bahasa. Sejak saat itu masing-masing mereka terdiam dan menuju kota Riyadh dalam keheningan.

Perjalanan kembali ke Riyadh merupakan perenungan panjang yang akan merubah kehidupan si pemuda untuk selamanya. Tiada habis ia bersyukur bahwa ia telah mengambil keputusan tepat untuk kembali ke Riyadh karena Allah SWT telah mengingatkannya dengan cara-Nya. “Begitulah kiranya Allah SWT menampakkan padaku rambu JAHANNAM sejak awal perjalanan. Alhamdulillah... Alhamdulillah... Alhamdulillah..” gumamnya dalam hati. Sejak saat itu, si pemuda tadi bertobat dan berjanji pada dirinya untuk melakukan segala bentuk ketaatan pada Allah SWT sebagai bentuk syukur terhadap peringatan Allah SWT akan siksa Neraka JAHANNAM. Karena bilamana ia tetap melanjutkan perjalanan itu tanpa mengindahkan peringatan-peringatan Allah SWT niscaya ia sudah tewas dalam kecelakaan tersebut dan masuk Neraka JAHANNAM akibat dosa-dosanya di dunia selama ini. Begitulah cara Allah SWT memberikan peringatan kepada siapa yang dikehendaki-Nya dengan cara yang dikehendaki-Nya pula.

Itulah kisah yang benar-benar mengerikan sekaligus menggugah qalbuku pagi ini. Semua rangkaian kejadian ini benar-benar merubah si pemuda menjadi seorang Shalih di kotanya. Karena perubahan itu jugalah si pemuda tadi semakin dijauhi teman-teman sepermainannya yang lain di kota Riyadh. Hal ini justru membuat ia makin yakin bahwa mereka bukan teman sejati ataupun sahabat yang selama ini ia banggakan, melainkan mereka hanyalah teman dalam kesenangan dan kesibukkan dunia fana saja.

Banyak hadist yang telah menjelaskan bahwa tiada teman sejati bagi kita kecuali Amal Shalih kita di dunia. Rasulullah saw. bersabda: “Islam pada mulanya asing, dan akan kembali asing seperti semula. Maka berbahagialah kiranya yang terasing.” (Shahih Muslim). Hal ini dengan sangat jelas menegaskan bahwa semakin kita mendekat ke jalan yang lurus, justru dunia akan semakin mengasingkan kita. Itulah juga yang terjadi pada si pemuda dalam kisah diatas yang berusaha yakin akan apa yang ia baca pada rambu jalan, justru teman-temannya semakin menjauhinya dan bahkan menurunkannya di jalan alih-alih memutar haluan dan berbalik arah.

Apakah kita harus menunggu kehilangan empat orang sahabat untuk kembali ke jalan yang lurus?? Karena bukan mustahil kita menjadi salah satu dari empat orang yang tidak dapat membaca peringatan karena hati kita yang sudah ditutup dan dikunci serta dilaknat oleh Allah SWT. Sebagaimana firman Allah SWT: “Mereka itulah orang-orang yang hati, pendengaran dan penglihatannya telah dikunci mati oleh Allah, dan mereka itulah orang-orang yang lalai.” (QS An Nahl : 108). Tidakkah melupakan shalat lima waktu adalah kelalaian?? Sudah berapa banyak shalat lima waktu yang kita lalaikan?? Astaghfirullah..

Apakah kita akan menunggu untuk berada dalam posisi empat pemuda na’as tersebut dan menjadi pelajaran bagi sahabat kita yang lain?? Bukankah harusnya kita mengambil pelajaran dari pengalaman orang lain termasuk kisah diatas?? Sadarlah sahabatku, ini adalah peringatan bagi kita semua yang penuh dengan dosa akibat kelalaian kita selama ini. Jangan sampai kita menjadi manusia yang dikunci mati hati, pendengaran, dan penglihatannya akibat kelalaian kita sendiri.

Inilah cara Allah SWT mengingatkan ku dan sahabat-sahabatku sekalian.

“…Demikianlah Allah membiarkan sesat orang-orang yang dikehendaki-Nya dan memberi petunjuk kepada siapa yang dikehendaki-Nya…” (QS Al Muddatstsir : 31)

Apakah tidak terbaca olehmu sahabatku peringatan akan JAHANNAM 300 KM di depan kita?? Na’udzubillah Ya Rabb.

Kupersembahkan tulisan ini untuk sahabat-sahabat lama ku. Tiada yang berubah dari diriku kecuali iman kepada Allah SWT dan perasaan takut akan Neraka Jahannam yang dijanjikan Allah SWT bagi orang-orang yang dikehendaki-Nya.

Semoga bermanfaat...

Muqiet EB

0 comments:

Followers

 

.. Copyright 2009 All Rights Reserved by Brian Gardner Blog Skins